Laser telah menjadi penemuan penting lainnya bagi manusia sejak abad ke-20 setelah energi atom, komputer, dan semikonduktor. Laser disebut sebagai "pisau tercepat", "penggaris paling akurat", dan "cahaya paling terang". Dengan pesatnya perkembangan teknologi manufaktur laser di dunia, masih terdapat kesenjangan yang besar antara teknologi laser canggih domestik dan internasional.
Pada tahun 2018, Tiongkok dan duniamesin pemotong laserLaporan riset kedalaman pasar menunjukkan bahwa meskipun industri laser berkembang pesat, produk laser kelas atas masih dikuasai oleh perusahaan multinasional di Amerika Serikat, Jepang, dan Jerman. Sebagai contoh, pasar mesin pemotong daya kecil dan menengah (SMA) Tiongkok masih dalam tahap awal pertumbuhan. Tidak banyak perusahaan manufaktur peralatan laser domestik dengan pendapatan penjualan tahunan melebihi 100 juta Yuan, dan pasar utama didominasi oleh empat perusahaan, yaitu Han's Laser.Laser Emas, Boye Laser, teknologi Kaitian.
Pangsa pasar produsen mesin pemotong listrik skala kecil dan menengah dalam negeri (Unit: %)
Mesin pemotong laserMemanfaatkan sinar dengan kepadatan daya tinggi yang difokuskan pada benda kerja untuk mencapai kepadatan daya laser 106 hingga 109 W/cm2 pada titik fokus titik tersebut. Hal ini dapat menghasilkan suhu tinggi lokal hingga 1000°C atau lebih, dan penguapan seketika pada benda kerja. Kemudian, dikombinasikan dengan gas bantu, uap logam yang menguap tersebut dihembuskan dan lubang kecil dipotong pada benda kerja. Dengan pergerakan alas mesin CNC, lubang-lubang yang tak terhitung jumlahnya terhubung ke bentuk target. Karena frekuensi pemotongan laser yang sangat tinggi, sambungan setiap lubang kecil sangat halus, dan hasil potongan memiliki tingkat kebersihan yang baik. Oleh karena itu, sekarang kita akan menganalisis ukuran pasar mesin pemotong laser berdasarkan persaingan merek.
1. Diferensiasi kebutuhan merek
Tujuan darimesin pemotong laser seratDiferensiasi merek adalah mengubah keunggulan inti dan perbedaan individual suatu produk menjadi merek, dan memenuhi kebutuhan personal pelanggan target.mesin pemotong laserMerek memiliki satu fitur pembeda dan membuatnya berbeda dari pesaing lain, dan kemudian menghubungkan perbedaan merek dengan kebutuhan psikologis pelanggan secara konsisten. Dengan cara ini, informasi posisi merek tersampaikan secara akurat ke pasar dan menempati posisi yang menguntungkan di calon pelanggan. Tujuannya adalah untuk menciptakan dan menumbuhkan karakteristik tertentu untuk produk mesin pemotong lasernya sendiri, dan membuatnya memiliki kepribadian yang kaya, dan membangun citra pasar yang unik untuk membedakannya dari pesaing lain dan secara efektif menentukan posisi netral produk dalam benak pelanggan. Dengan meningkatnya homogenitas perusahaan dan produk mesin pemotong laser, semakin banyak produk serupa muncul, dan persaingan semakin ketat; untuk membuat terobosan, perusahaan harus memilih strategi posisi merek mereka sendiri berdasarkan kebutuhan aktual, dan kemudian menemukan posisi pasar yang tepat untuk perusahaan dan produk Anda.
2. Prioritaskan kualitas merek
Alasan mengapa suatu merek mesin pemotong laser dikenal dan dipuji oleh pelanggan adalah karena kualitasnya yang unggul dan layanannya yang sempurna, dan keduanya merupakan fondasi merek tersebut. Tanpa jaminan kualitas yang unggul dan layanan yang sempurna, merek terbaik sekalipun akan dicampakkan oleh pelanggan. Di pasar, persepsi merek menunjukkan apakah pelanggan akan membeli kembali mesin pemotong laser dari merek yang sama atau merekomendasikannya kepada orang lain. Peningkatan kualitas dan layanan produk merupakan prasyarat untuk promosi merek, dan hal ini berkaitan langsung dengan apakah suatu merek dapat menjadi merek yang nyata dan terkenal.
Pada tahun 2016, permintaan pasar untuk mesin konstruksi di Tiongkok mencapai 300 miliar Yuan. Pelat logam tebal berformat besarmesin pemotong laserTelah banyak digunakan dalam industri mesin konstruksi di Tiongkok. Seiring pesatnya perkembangan teknologi manufaktur laser global, kesenjangan antara tingkat teknologi laser Tiongkok dan internasional semakin melebar. Peralatan pemrosesan laser kelas atas hampir seluruhnya bergantung pada impor, sehingga pangsa pasar peralatan manufaktur laser asing mencapai 70%. Diperkirakan dalam 10 tahun ke depan, permintaan pasar untuk sistem pemotongan laser berkinerja tinggi ini di Tiongkok akan mencapai lebih dari 10 miliar Yuan.
(Sumber: China Reporting Hall)